Blog

19 May 2022

Live Shopping: Tren Kekinian untuk Menghasilkan Cuan

Dibuat Oleh : baradmin | Kategori : KOL Live Shopping

Ketika berbelanja memang akan lebih terasa menyenangkan jika dilakukan secara langsung, akan tetapi terbatasnya jarak dan waktu membuat orang akan lebih memilih berbelanja secara online. Selain efisien, hemat waktu dan juga sering kali lebih murah dari harga yang dibeli secara langsung.

 

Untuk itulah kita mengenal pertama kalinya Home Shopping Channel yang hadir pada tahun 70-80an di Amerika utara dan selanjutnya merambah ke seluruh dunia. Saat itu internet belum secanggih sekarang, sehingga para penonton akan diarahkan untuk menghubungi nomor telepon yang tertera. Hal ini terus berkembang dengan lebih baik dan menyesuaikan dengan tren teknologi, hadirlah kini Live Shopping. 

 

Live Shopping merupakan kegiatan penjual yang melakukan siaran secara langsung, siaran ini dapat dilakukan di platform yang tersedia di media sosial maupun e-commerce. Dalam waktu siaran, penjual dapat memasarkan produknya dengan maksimal dengan cara memberitahu bahan, keunggulan produk, dan harga. Pembeli juga mendapatkan kesempatan untuk bertanya secara langsung mengenai barang yang akan dibeli sehingga terjadi interaksi yang baik antara penjual dan pembeli meski tidak bertemu secara langsung.

 

Tren live shopping pertama kali hadir di Cina pada tahun 2020 yang telah menjaring kurang lebih dari 700 juta dan diproyeksikan akan terus bertambah. Di Indonesia data yang diambil dari  YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) pada tahun yang sama aktivitas belanja online naik hingga 25 - 30 % dan pada tahun selanjutnya, yaitu 2021 98,5% pengguna internet cenderung menonton video. Dengan begitu, bukan tidak mungkin Live Shopping akan menjadi potensi yang tinggi untuk menjaring konsumen, sekaligus memberikan pengalaman baru bagi pembeli online. Ada beberapa keuntungan lain juga yang didapatkan jika usaha kamu melakukan Live Shopping, yaitu dapat membangun brand awareness karena terjadinya interaksi dengan penonton, sehingga akan sangat mungkin diingat audiens. Terlebih saat live shopping menggaet influencer yang sesuai dengan target audiens, brand akan dikenal kemudian terjadinya word of mouth dan berakhir di sales.

 

Potensi ini juga membuat berbagai platform jual beli online dan media sosial menambahkan fitur Live Shopping untuk menjangkau audiens mereka. Salah satu media sosial yang saat ini sedang digandrungi dan menambahkan fitur Live Shopping adalah Tiktok. Kini pengguna Tiktok di Indonesia menyentuh angka 92,2 juta pada tahun 2021, penggunanya lebih banyak 3 kali lipat dibandingkan tahun 2020, hal ini perlu dimanfaatkan dengan sangat baik oleh para brand maupun influencer.

 

Salah satu program Live shopping di The Sungkars adalah KRAMAS  (Keranjang Mami Sungkar) merupakan perpaduan live shopping dan juga influencer. KRAMAS sendiri cocok untuk brand kategori apapun pria, wanita, hingga anak - anak dan balita mulai dari fashion, skincare, makanan, mainan dan lainnya.

Kalau Sobat Imaji ingin tahu lebih lanjut tentang live shopping, kamu bisa menghubungi kami melalui kontak di website maupun di instagram kami @baraimajiofficial.


 

Komentar :



WA 1

WA 2