Blog

18 Jan 2022

Jenis-jenis Influencer yang Perlu Kamu Ketahui

Dibuat Oleh : baradmin | Kategori : Influencer

Dalam memasarkan sebuah brand atau produk, salah satu strategi yang cukup efektif dalam memasarkannya adalah dengan menggunakan jasa influencer marketing. Sobat Imaji, sudah tahu belum apa itu influencer marketing? Buat Sobat Imaji yang belum tahu, influencer marketing adalah jenis social media marketing yang menggunakan endorsement dan menyebut suatu produk atau brand oleh seorang influencer – individu yang memiliki followers dengan jumlah tertentu dan dipandang sebagai ahli dalam niche mereka. Influencer marketing berjalan karena tingginya tingkat kepercayaan yang dibangun oleh influencer sosial dengan pengikut mereka dan rekomendasi dari mereka berfungsi sebagai bentuk bukti sosial kepada pelanggan potensial suatu brand.

Namun, Sobat Imaji sudah tahu belum kalau influencer itu ada banyak jenisnya, loh. Secara umum, jenisnya dibedakan dari jumlah follower dan media yang digunakan. Berikut jenis-jenis influencer yang perlu kamu ketahui.

Nano Influencer (1.000 - 10.000 followers)

Nano influencer adalah influencer yang memiliki jangkauan paling kecil. Nano influencer memiliki followers yang cukup sedikit, yaitu 1.000 sampai 10.000 followers. Meski memiliki followers paling sedikit, untuk engagement-nya terbilang cukup tinggi karena biasanya followers dan influencer­-nya ini saling mengenal dan saling berinteraksi. 

 

Micro Influencer (10.000 - 50.000 followers)

Micro Influencer adalah influencer yang memiliki followers di angka 10.000 sampai 50.000 followers. Untuk engagement-nya sendiri terbilang cukup kuat karena biasanya micro influencer memiliki kompeten atau kapabilitas di bidang tertentu.

 

Mid-tier Influencer (50.000 - 500.000 followers)

Mid-tier influencer memiliki lebih banyak followers daripada micro-influencer dan lebih sedikit daripada macro-influencer. Mid-tier Influencer mengisi ruang di antaranya. Brand yang bermitra dengan Mid-tier influencer dapat menerapkan konten bersponsor untuk menghasilkan konversi yang solid, keterlibatan tinggi, dan ROI positif secara keseluruhan.

 

Macro-Influencer (500.000 - 1.000.000 followers)

Macro Influencer adalah influencer yang memiliki followers di angka 100 ribu sampai 1 juta followers. Jangkauannya pun lebih luas dibandingkan tiga jenis influencer sebelumnya. Dalam banyak kasus, macro-influencer memiliki gelar lain seperti selebriti, figur publik, atlet, atau pemimpin di komunitas mereka. Melihat basis penggemar mereka yang besar, macro-influencer dapat membangun pengikut media sosial mereka dengan cepat. 

 

Mega Influencer (lebih dari 1 juta followers)

Influencer jenis ini adalah influencer yang followers-nya lebih dari 1 juta orang. Biasanya jenis influencer ini adalah seorang entertainer atau tokoh yang sudah dikenal secara nasional. Otomatis jangkauannya pun lebih luas daripada 3 jenis influencer sebelumnya.


Nah, itulah lima jenis influencer yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu salah satu dari 5 jenis influencer di atas? 

Untuk rate-card sendiri setiap influencer mematok harga yang berbeda-beda, tergantung dari banyaknya followers dan tingginya engagement dari influencer itu sendiri. Jika kamu ingin menggunakan menggunakan jasa influencer marketing pilihlah influencer yang sesuai atau mencerminkan brand kamu, sehingga target audiensnya sesuai dengan target brand kamu. Jika kamu membutuhkan jasa influencer marketing, kamu bisa menghubungi Bara Imaji yang siap membantu kamu mencari influencer yang tepat untuk brand kamu!


 

Komentar :



WA 1

WA 2